Selasa, 25 Oktober 2016

tugas

INVITA 2016
    INVITA atau industrial visit dan tafakur alam adalah sebuah kunjungan tahunan yang diadakan oleh SMP Labschool.Perjalanan ini diikuti oleh seluruh murid kelas delapan.Kegiatan ini meliputi perjalanan ke Yogyakarta dan Solo.Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober sampai dengan 24 Oktober 2016.

Pemberangkatan dilakukan menggunakan kereta api pada tanggal 19 Oktober untuk keberangkatan jam 20:00.Kita semua sampai di stasiun Tugu,Yogyakarta pada jam empat dini hari.Kita melanjutkan perjalanan menggunakan 7 bus eksekutif yang dibagi berdasarkan kelas menuju ke tempat peristirahatan untuk makan pagi dan mandi.Setelah mandi dan makan pagi para murid pun menuju ke sebuah perkebunan bernama Sabila Farm,sebuah perkebunan yang terletak di Sleman,Yogyakarta.Mereka membudidayakan banyak buah khususnya buah naga yang menjadi prioritas mereka.

Setelah itu kita menuju ke kota Solo tepatnya ke PT.Sri Rejeki Isman Tbk atau yang dikenal dengan PT.SRITEX yang berjarak sekitar satu setengah jam perjalanan dari Sabila Farm.PT.SRITEX dikenal karena tekstilnya.PT.SRITEX sudah menjadi penyalur pakaian tentara ke seluruh dunia dan menjadi mitra NATO untuk membuatkan pakaian khusus.PT.SRITEX didirikan oleh H.M.Lukminto pada tahun 1978.H.M.Lukminto meninggal pada tanggal 5 Februari 2014 di Singapura.

Para murid menginap di sebuah hotel bernama Cavinton yang terletak di kota Yogyakarta.Keesokan harinya para murid menuju ke Keraton yang terletak di jantung kota Yogyakarta.Setelah itu mereka pergi ke sebuah kampong batik di desa Giriloyo yang terletak di Imogiri dengan singgah terlebih dahulu di masjid agung Bantul untuk melaksanakan sholat Jum’at.Di kampung itu kita belajar cara untuk membatik.Setelah itu kita melakukan perjalanan ke pantai parangtritis yang terletak di kabupaten Bantul.Mereka disana untuk menikmati sunset dan beberapa kegiatan lain.

Pada pukul 5 sore kita berngkat lagi untuk menuju ke jalan MAlioboro.Sebuah lokasi terkenal di Yogyakarta yang berisi banyak kios yang menjual berbagai oleh-oleh khas Yogyakarta dalam harga yang terjangkau.Untuk sekitar satu setengah jam para guru dan anak murid turun dari bus untuk menelusuri jalan Malioboro dan berbelanja.mereka kembali ke hotel Cavinton pada pukul 9 malam untuk beristirahat.
        Keesokan harinya kita berangkat pada pukul 7 pagi dan melakukan perjalanan kearah gunung merapi,sebuah gunung di provinsi Yogyakarta untuk melakukan sebuah kegiatan,yaitu lava tour.kita sampai pada pukul setengah Sembilan pagi.Untuk menuju ke lereng gunung merapi itu kita diperlukan untuk menaiki sebuah jeep hardtop karena keadaan jalan yang tidak memadai untuk dilewati menggunakan bus.Puluhan jeep hardtop melintasi sebuah jalan setapak untuk mengantar 200+ anak Labschool untuk menuju kaki gunung merapi.banyak tempat tempat penting yang dikunjungi saat berada di gunung merapi seperti peninggalan rumah mbah Marijan,juru kunci gunung merapi,batu alien dan sebuah bunker peninggalan jaman dulu yang terletak hanya beberapa kilometer dari puncak gunung merapi.Setelah dari merapi kita mampir di sebuah restoran bernama resto orang utan untuk makan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke candi Borobudur.Borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia yang terletak di Magelang,Jawa Tengah.Candi ini dibuat oleh dinasti Syailendra dengan artsitek yang bernama Gunadhrma.Dibutuhkan 75 tahun untuk membangun candi ini.Candi ini dihiasi oleh 2,672 relief dan 504 patung Budha dan dikelilingi oleh 72 patung budha.

Setelah dari Borobudur kita pergi ke bakpia Djava.Bakpia adalah makanan khas Yogyakarta.Setelah belanja bakpia kita melanjutkan perjalanan ke stasiun tugu untuk pulang kembali ke Jakarta.Kita menaiki kereta Taksaka malam pada jam 8 dan sampai di Jakarta keesokan harinya pada pukul 4 dini hari di gambir.Semua murid kelas 8 senang telah melakukan kegiatan ini.